Rabu, 25 November 2009

RPP Bahasa Inggris Kls 4 SD

RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
1.1.Menyimak ungkapan-ungkapan menyapa dan perkenalan.
2.1.Melakukan percakapan secara berterima tentang mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, salam perpisahan dan memberi aba-aba.

III. INDIKATOR
1. Menirukan pengucapan kata, frase dengan benar.
2. Melafalkan ungkapan salam dan memperkenakan diri.
3. Menjawab pertanyaan berdasarkan percakapan.
4. Menyebutkan identitas diri.
5. Melakukan percakapan dengan peuh pemahaman.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Mengucapkan ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, salam perpisahan.
2. Memberi pertanyaan ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, salam perpisahan.
3. Merespon ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, salam perpisahan.
4. Mengungkapkan memperkenalkan diri kepada temanya di depan kelas.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, demonstrasi, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan:
a. Good morning! Good morning
b. Good afternoon! Good afternoon
c. Good evening! Good evening
d. How do you do! How do you do
e. How are you? I am fine, thank you
f. What is your name? My name is Andi
g. Where do you life? I life on Dupak Jaya street
h. How old are you? I am ten years old
i. Are you a student? Yes, I am
j. Where do you study? I study at SDM dubes
k. What class are you in? I am class four
l. Thank you! You are welcome
m. Good bye! Good bye
n. See you tomorrow! See you
2. Ungkapan-uangkapan memperkenalkan diri di depan kelas
a. Hello !
b. Good morning !
c. My name is Andi
d. I am ten years old
e. I live at Dupak street block V No. 21
f. My hobby is listening music
g. I am a student of SD dubes
h. I am in fourth class
i. I have five members of my family, they are my father, my nther, my young sister, my old brother and me
j. Thank you

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Mempraktekan percakapan sehari-hari.
b. Motifasi: Memberi ungkapan-ungkapan baru kepada siswa jika ingin menyapa temanya.

2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Guru menuliskan ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan
b. Guru membacakan ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan
c. Siswa menirukan ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan
d. Siswa membaca ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan secara berterima antara siswa laki-laki dan perempuan secara bergantian.
e. Siswa merespon pertanyaan oleh guru.
f. Siswa mengungkapkan pertanyaan dan siswa yang lain menjawab.
g. Siswa menulis 3 pertanyaan di lembar kertas.
h. Siswa mengumpulkan lembar kertas.
i. Siswa menjawab pertayaan yang dibuat oleh siswa dengan memilih pertanyaan secara acak.
j. Siswa memperkenalkan diri di depan kelas.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan mengulangi sebentar materi.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, praktik)
2. Bentuk instrument : Unjuk kerja, performance
3. Contoh instrumen :
1) Siswa mengucapkan Ungkapan-ungkapan salam, menanyakan kabar, perkenalan diri, dan salam perpisahan:
a. Good morning!.......... (Good morning)
b. Good afternoon!........ (Good afternoon)
c. Good evening!....... (Good evening)
d. How do you do!...... (How do you do)
e. How are you?......... (I am fine, thank you)
f. What is your name?......... (My name is Andi)
g. Where do you life?...... (I life on Dupak Jaya street)
h. How old are you?..... (I am ten years old)
i. Are you a student?..... (Yes, I am)
j. Where do you study?...... (I study at SDM dubes)
k. What class are you in?...... (I am class four)
l. Thank you!............ (You are welcome)
m. Good bye! …….. (Good bye)
n. See you tomorrow!...... (See you)
2) Siswa mengungkapkan ungkapan-uangkapan memperkenalkan diri di depan kelas
a. Hello !
b. Good morning !
c. My name is Andi
d. I am ten years old
e. I live at Dupak street block V No. 21
f. My hobby is listening music
g. I am a student of SD dubes
h. I am in fourth class
i. I have five members of my family, they are my father, my mother, my young sister, my old brother and me
j. Thank you


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Pikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 91 - 100 Jika siswa bisa mengucapkan kata dengan semua benar
2. 81 - 90 jika siswa bisa mengucapkan kata dengan banar sebagian
3. 71 - 80 jika siswa bisa mengucapkan kata dengan sebagian benar tapi banyak yang salah
4. 61 – 70 siswa menjawab hampir semua salah.

2. Afektif :
1. 81-90 Menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa merespon tanya jawab dengan benar
2. 71-80 jika siswa bisa merespon tanya jawab dengan sebagian benar
3. 61-70 jika siswa tidak bisa merespon tanya jawab




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd














RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 jam pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Membaca nyaring teks bacaan sederhana tentang percakapan.

III. INDIKATOR
1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Menjawab pertanyaan berdasarakan teks percakapan.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Siswa bisa membaca teks dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Siswa bisa memahami isi teks.
3. Siswa bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
4. Siswa bisa melakukan percakapan yang isinya sama dengan teks.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, demonstrasi, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Teks percakapan:
Retno : Hello, Andi!
Andi : Oh, hello, Retno!
Retno : Andi, look! Who is beside me?
Andi : Is she your sister?
Retno : No, Let introduce my aunt Sinta.
Andi : Nice to meet you, Sinta!
Sinta : I am glad to see you!
Andi : Where do you live Sinta?
Sinta : I live in Bandung. I visit my nephew here.
Andi : Well, please enjoy the drink.
Retno : Thank you.!
Andi : You’re welcome!
2. Pertanyaan:
1. What is Retni’s aunt name?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
2. How is Sinta?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
3. Where does Sinta live?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
4. Is Retno her doughter?
Jawab: ……………………………………………………………………………………
5. What does Sinta do here?
Jawab: ……………………………………………………………………………………
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Mempraktekan percakapan sehari-hari.
b. Motifasi: Mengingatkan kembali kepada peserta didik tentang pertanyaan-pertanyaan sehari-hari

2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Guru memberi contoh bacaan yang benar.
b. Siswa menyimak contoh pebacaan teks.
c. Siswa menirukan pembacaan teks.
d. Siswa membaca teks bergantian dengan guru.
e. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
f. Siswa membaca secara bergantian antar kelompok.
g. Siswa mengidentifikasi arti kata yang Belem dimengerti artinya.
h. Siswa menanyakan arti kata yang belum dimengerti.
i. Siswa membentuk kelompok berpasangan.
j. Siswa membaca teks dengan pasanganya.
k. Siswa mengerjakan LKS, menjawab pertayaan yang berhubungan dengan isi teks percakapan.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan menyimpulkan isi teks bacaan.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, tulis, praktik)
2. Bentuk instrument : Mengungkapkan, Performance (berpasangan), isian singkat
3. Contoh instrumen :
1. Bacalah teks percakapan berikut:
Retno : Hello, Andi!
Andi : Oh, hello, Retno!
Retno : Andi, look! Who is beside me?
Andi : Is she your sister?
Retno : No, Let introduce my aunt Sinta.
Andi : Nice to meet you, Sinta!
Sinta : I am glad to see you!
Andi : Where do you live Sinta?
Sinta : I live in Bandung. I visit my nephew here.
Andi : Well, please enjoy the drink.
Retno : Thank you.!
Andi : You’re welcome!
2. Jawablah pertanyaan berikut sesuai isi bacaan:
1. What is Retni’s aunt name?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
2. How is Sinta?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
3. Where does Sinta live?
Jawab: …………………………………………………………………………………….
4. Is Retno her doughter?
Jawab: ……………………………………………………………………………………
5. What does Sinta do here?
Jawab: ……………………………………………………………………………………

3. Kunci jawaban
1) His name is Sinta
2) Sinta is fine
3) Sinta lives in Bandung
4) Yes, she is
5) She visits her nephew (Retno)


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 5 soal dengan skor masing-masing soal 20.

2. Afektif :
1. 81-90 Menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
2. 71-80 jika siswa cukup bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
3. 61-70 jika siswa tidak bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar (masih menirukan dan dituntun).





Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd























RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
4.1 Menulis ajaran bahasa Inggris yang melibatkan identitas diri, menyusun kalimat acak, dan melengkapi kalimat.

III. INDIKATOR
1. Menyusun kata-kata acak dalam kalimat yang benar.
2. Mengisi identitas diri dalam bentuk tabel
3. Melengkapi teks percakapan.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar.
2. Menulis identitas diri dalam bentuk tabel.
3. Merespon tanya jawab dengan melengkapi kalimat.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, pemberian tugas, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Soal-soal menyusun kalmat acak.
2. Soal-soal menulis identitas diri.
3. Soal-soal melengkapi Tanya jawab

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Menanyai beberapa siswa tentang identitas dirinya.
b. Motifasi: Memberi penjelasan tentang materi yag akan dipelajari.

2.Kegiatan Inti (50 menit)
a. Siswa menyimak penjelasan guru.
b. Siswa menerima lembar tugas.
c. Siswa mengerjakan tugas
d. Siswa yang Belem faham mendapat arahan dari guru.
e. Siswa mengumpulkan lembar tugas.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian dan pembenaran
b. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar tugas

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (tulis)
2. Bentuk instrument : menyusun, isian singkat
3. Contoh instrumen :
1. Soal-soal menyusun kalimat acak dan kuncinya:
1. glad – to – you – meet – am – I
2. is – she – years – old – nine
3. is – he – teacher – my
4. sister – my – young – is – still
5. house – my – is – from – here – far
6. have – brother – I – a
7. live – where – do – you
8. not – I am – teacher – a
9. aunt – my – Bandung – lives – in
10. comes – she – Bali – from
KEY ANSWER:
I am glad to meet you
she is nine years old
he is my teacher
my sister is still young
my house is far from here
I have a brother
where do you live
I am not a teacher
my aunt lives in Bandung
she comes from Bali
2. Soal menulis identitas diri:
Hello!
My name is ……..
I live on ……….
I am a ……..
I study at ………
I am in the ……… class
I am ………. Years old
My hobby is …….
My telephone number is ……..
I have ……… members in my family.
They are ………., …………., ………….., ………………, and …………….

3. Soal melengkapi percakapan:
1. A : Good morning student!
B : ………………….. (good morning sir)

2. A : ………………….. (How are you?)
B : I am fine, thank you!

3. A : Nice to meet you, Jhon!
B : ………………………. (nice to meet you too!)

4. A : ………………………… (Where do you live?)
B : I live at Dupak Jaya street Block V Number 25

5. A : Thank you, see you tomorrow!
B : ………………………………. (you’re welcome, see you tomorrow)




Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3






1. Kognitif :
1. Soal menyusun kalimat: 10 soal masing-masing nilainya 10 jika benar, 5 jika hampr benar, 0 jika salah
2. Soal menulis identitas diri: 10 item masing-masing nilainya 10 jika benar, 5 jika hampir benar, 0 jika salah.
3. Soal melengkapi kalimat: 5 soal masing-masing nilainya 20 jika benar, 10 jika hampir benar, 5 jika salah, 0 jika kosong.

2. Afektif :
1. 81-90 menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa mengerjakan dengan mandiri (tanpa bantuan) dan tepat waktu
2. 71-80 jika siswa mengerjakan belum mandiri (dengan bantuan), tapi tepat waktu atau sebaliknya.
3. 61-70 jika siswa mengerjakan tidak mandiri (menirukan jawaban) dan tidak tepat waktu.




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd































RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyimak pengucapan lafal kosa kata tentang bagian-bagian tubuh.
2.2 Melakukan percakapan secara berterima tentang meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.

III. INDIKATOR
1. Menirukan pengucapan nama-nama ”bagian-bagian tubuh” sesuai yang didengar.
2. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh sesuai dengan kata yang dilafalkan.
3. Mempraktekan tanya jawab (yes-no questions) tentang bagian-bagian tubuh.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Mengucapkan nama-nama bagian tubuh dengan benar.
2. Mengidentifikasi bagian tubuh melalui dikte.
3. Mengungkapkan yes/no questions tentang bagian-bagian tubuh.
4. Merespon Tanya jawab dari guru dan teman.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, demonstrasi, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Kosa kata nama-nama bagian tubuh:
a. head i. back
b. hair j. chest
c. eye k. stomach
d. nose l. hand
e. mouth m. fingers
f. ear n. elbow
g. neck o. knee
h. shoulder p. foot

2. Ungkapan-ungkapan
a. This is my head
b. This is my hair
c. This is my eye
d. This is my nose
e. This is my mouth
f. This is my ear
g. This is my neck
h. This is my shouldher

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Menanyai beberapa siswa tentang identitas diri siswa.
b. Motifasi: Siswa secara urut menyebutkan nama-nama bagian tubuh.

2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Siswa menyimak dan kemudian menirukan pengucapan nama-nama bagian tubuh.
b. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
c. Setiap kelompok mengucapkan nama-nama bagian tubuh dengan benar dan kompak.
d. Setiap kelompok menjawab yes/no question dari guru
e. Siswa secara individu menulis bagian-bagian tubuh dan fungsinya.
f. Siswa secara kelompok mendapatkan tugas dari guru (dikte).

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian dan pembenaran
b. Refleksi: Guru dan siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, praktik)
2. Bentuk instrument : Unjuk kerja, performance
3. Contoh instrumen :
1. Siswa mengucapkan nama-nama bagian tubuh:
a. This is my head i. This is my beck
b. This is my hair j. This is my chest
c. This is my eye k.This is my stomach
d. This is my nose l. This is my hands
e. This is my mouth m. This is my fingers
f. This is my ear n. This is my elbow
g. This is my neck o. This is my knee
h. This is my shoulder p. This is my foot
2. Siswa mengungkapkan bagian tubuh dan fungsinya:
a. eyes for see
b. nose for smile
c. mouth for speak
d. ear for listen
3. Siswa merespon yes/no question:
a. is it my head ? (yes, it is/no, it is not)
b. is it my hair ? (yes, it is/no, it is not)
c. is it my eye ? (yes, it is/no, it is not)
d. is it my nose ? (yes, it is/no, it is not)
e. is it my mouth ? (yes, it is/no, it is not)
f. is it my ear ? (yes, it is/no, it is not)
g. is it my neck ? (yes, it is/no, it is not)
h. is it my shoulder ? (yes, it is/no, it is not)
4. Siswa menulis nama-nama bagian tubuh melalui dikte:
a. We have two ........... this parts. The function it is for see or looks something.
b. We have two ……… this parts. The function it is for walking or kick the ball.
c. We have one ……… this parts. The function it is for smile or breath.
d. We have much ……. This parts. The position is on the top of our body, the colour is black, red, white etc.
e. We have ten …. this parts. The position is the top of our hands, there are little, thumb, etc.


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Pikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 81-90 jika siswa melafalkan sesuai yang dicontohkan, mengidentifikasi dengan benar, dan menulis sesuai yang diucapkan oleh guru
2. 71-80 jika siswa melafalkan sebagian sesuai yang dicontohkan, mengidentifikasi dengan cukup benar, dan menulis sesuai sebagian yang diucapkan oleh guru
3. 61-70 jika siswa melafalkan tidak sesuai yang dicontohkan, mengidentifikasi masih salah, dan menulis tidak sesuai yang diucapkan oleh guru

2. Afektif :
1. 81-90 menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa melafalkan, mengidentifikasi, dan menulis dengan mandiri dan benar.
2. 71-80 jika siswa melafalkan, mengidentifikasi, dan menulis dengan benar tapi belum mandiri.
3. 61-70 jika siswa melafalkan, mengidentifikasi, dan menulis masih belum mandiri dan salah




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd





























RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 jam pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Membaca nyaring teks bacaan agak panjang.

III. INDIKATOR
1. Membaca bacaan sederhana dengan benar.
2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Membaca dengan lafal yang benar.
2. Mengartikan bacaan.
3. Memahami bacaan dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: ceramah variatif, demonstrasi, menirukan, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Teks bacaan:
2. Pertanyaan:

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Mempraktekan percakapan sehari-hari.
b. Motifasi: Mengingatkan kembali kepada peserta didik tentang pertanyaan-pertanyaan sehari-hari

2. Kegiatan Inti (50 menit)
Guru memberi contoh bacaan yang benar.
Siswa menyimak contoh pebacaan teks.
Siswa menirukan pembacaan teks.
Siswa membaca teks bergantian dengan guru.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
Siswa membaca secara bergantian antar kelompok.
Siswa mengidentifikasi arti kata yang Belem dimengerti artinya.
Siswa menanyakan arti kata yang belum dimengerti.
Siswa membentuk kelompok berpasangan.
Siswa membaca teks dengan pasanganya.
Siswa mengerjakan LKS, menjawab pertayaan yang berhubungan dengan isi teks percakapan.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan menyimpulkan isi teks bacaan.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, tulis, praktik)
2. Bentuk instrument : Mengungkapkan, Performance (berpasangan), isian singkat
3. Contoh instrumen :
1. Bacalah teks percakapan berikut:
2. Jawablah pertanyaan berikut sesuai isi bacaan:

3. Kunci jawaban


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 5 soal dengan skor masing-masing soal 20.

2. Afektif :
1. 81-90 Menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
2. 71-80 jika siswa cukup bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
3. 61-70 jika siswa tidak bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar (masih menirukan dan dituntun).





Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd















RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 jam pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR


III. INDIKATOR
1. Membaca bacaan sederhana dengan benar.
2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Membaca dengan lafal yang benar.
2. Mengartikan bacaan.
3. Memahami bacaan dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: ceramah variatif, demonstrasi, menirukan, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Teks bacaan:
2. Pertanyaan:

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Mempraktekan percakapan sehari-hari.
b. Motifasi: Mengingatkan kembali kepada peserta didik tentang pertanyaan-pertanyaan sehari-hari

2. Kegiatan Inti (50 menit)
Guru memberi contoh bacaan yang benar.
Siswa menyimak contoh pebacaan teks.
Siswa menirukan pembacaan teks.
Siswa membaca teks bergantian dengan guru.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
Siswa membaca secara bergantian antar kelompok.
Siswa mengidentifikasi arti kata yang Belem dimengerti artinya.
Siswa menanyakan arti kata yang belum dimengerti.
Siswa membentuk kelompok berpasangan.
Siswa membaca teks dengan pasanganya.
Siswa mengerjakan LKS, menjawab pertayaan yang berhubungan dengan isi teks percakapan.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan menyimpulkan isi teks bacaan.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, tulis, praktik)
2. Bentuk instrument : Mengungkapkan, Performance (berpasangan), isian singkat
3. Contoh instrumen :
1. Bacalah teks percakapan berikut:
2. Jawablah pertanyaan berikut sesuai isi bacaan:

3. Kunci jawaban


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 5 soal dengan skor masing-masing soal 20.

2. Afektif :
1. 81-90 Menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
2. 71-80 jika siswa cukup bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
3. 61-70 jika siswa tidak bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar (masih menirukan dan dituntun).





Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd
















RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyimak pengucapan lafal kosa kata tentang ungkapan-ungkapan di sekolah.
2.2 Melakukan percakapan secara berterima tentang meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.

III. INDIKATOR
1. Melafalkan kalimat dengan lafal yang benar.
2. Melakukan tindakan sesai dengan instruksi yang didengar.
3. Menerjemahkan makna kalimat.
4. Melakukan percakapan tentang cara mengungkapkan meminjam, meminta, memberi barang dan meminta bantuan.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Mengucapkan kata dan kalimat dengan lafal yang benar.
2. Merespon ungkapan dengan tindakan
3. Mengartikan kata dan kalimat
4. Melakukan tanya jawab sesama teman
5. Mempraktekan percakapan sederhana menggunakan ungkapan tertentu (meminjam, meminta, memberi dan menerima barang, dan meminta bantuan).

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, demonstrasi, tanya jawab, menirukan, performance

VI. MATERI AJAR
1. Kosa kata dalam kelas (sekolah):
a. Student i. Yard
b. Teacher j. Table
c. School k. Chairs
d. Classroom/class l. Whiteboard
e. Office m. Cupboard
f. Canteen n. Rular
g. Library o. Broom
h. Computer Laboratory p. Clock
2. Percakapan dengan ungkapan-uangkapan tertentu:
a. Ungkapan meminjam sesuatu
A: May I borrow a sains book (Bolehkah saya meminjam buku sains)
B: Sorry, I still use it (Maaf masih saya pakai)

Y: May I borrow a pencil (Bolehka saya meminjam pensil)
X: Yes, please (Ya boleh/silakan)
Y: Thank you/thanks (Terima kasih)
X: You are welcome (Terima kasih kembali)
b. Ungkapan meminta bantuan:
A: Can you help me, please? (Bisakah kamu menolongku)
B: What can I do for you? (Apa yang bisa saya lakukan untukmu)
A: Cut this rope please (Potongkan tali ini)
B: Sorry, I don’t have scissors (Maaf saya tidak punya gunting)
A: I have it (Saya punya)
B: Well give me please (Baik berikan pada saya)
A: Thank you (Terima kasih)
B: You are welcome (Terima kasih kembali)

X: Can you help me please (Bisakah kamu menolongku)
Y: Of course. What do you want? (Tentu. Apa yang kamu inginkan)
X: I am thirsty. Do you have some water (Saya haus. Apakah kamu punya air minum)
Y: Here is a glass of water (Ini segelas air minum)
X: Thanks (Terima kasih)
Y: You’re welcome (Terima kasih kembali)

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Mempraktekan percakapan sehari-hari.
b. Pengetahuan prasarat: Siswa menyebutkan nama-nama benda yang ada di kelas dan sekolah secara bergantian dan kelompok..

2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Guru menuliskan ungkapan-ungkapan meminjam sesuatu, meminta bantuan, menerima dan meberi barang.
b. Guru membacakan ungkapan-ungkapan meminjam sesuatu, meminta bantuan, menerima dan meberi barang.
c. Siswa menirukan ungkapan-ungkapan meminjam sesuatu, meminta bantuan, menerima dan meberi barang.
d.Siswa membaca ungkapan-ungkapan meminjam sesuatu, meminta bantuan, menerima dan meberi barang secara berterima antara siswa laki-laki dan perempuan secara bergantian.
e. Siswa merespon pertanyaan oleh guru.
f. Siswa mengungkapkan pertanyaan dan siswa yang lain menjawab.
g. Siswa menulis percakapan sederhana untuk dipraktekan di pertemuan berikutnya.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan mengulangi sebentar materi.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, praktik)
2. Bentuk instrument : Unjuk kerja, performance, mengungkapkan
3. Contoh instrumen :
1. Siswa menyebutkan nama benda-benda di kelas atau sekolah:
a. Student i. Yard
b. Teacher j. Table
c. School k. Chairs
d. Classroom/class l. Whiteboard
e. Office m. Cupboard
f. Canteen n. Rular
g. Library o. Broom
h. Computer Laboratory p. Clock
2. Siswa merespon tanya jawab meminjam, meminta bantuan, menerima dan memberi sesuatu:
a. May I borrow a book (Bolehkah saya meminjam buku)
b. Of course (Tentu)
c. Can you help me, please (bisakah kamu menolongku)
d. What can I do for you? (Aapa yang bisa saya lakukan untukmu)
e. Thank you (Terima asih)
f. You are welcome (Terima kasih kembali)
3. Siswa membuat pecakapan sederhana yang mengngkapkan meminjam, meminta bantuan, menerima dan memberi sesuatu:


Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Pikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 81-90 jika siswa mengungkapkan kalimat tanya jawab dengan benar.
2.71-80 jika siswa hanya mengungkapkan kalimat tanya dengan benar, tapi tidak bisa mengungkapkan kalimat jawaban atau sebaliknya.
3. 61-70 jika siswa tidak bisa mengungkapkan kalimat tanya jawab.

2. Afektif :
1. 81-90 menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa mengungkapkan kalimat tanya dan jawab dengan mandiri (tanpa bantuan)
2. 71-80 jika siswa mengungkapkan kaliat tanya dan jawab belum mandiri (dengan bantuan)
3. 61-70 jika siswa mengungkapkan kalimat tanya dan jawab tidak mandiri (menirukan jawaban)




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd



















RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 jam pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
3.2 Memahami kalimat, bacaan dan pesan tertulis tentang benda-benda / kegiatan di sekolah.

III. INDIKATOR
1. Membaca teks dengan lafal yang benar.
2. Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Siswa bisa membaca teks dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Siswa bisa memahami isi teks.
3. Siswa bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
4. Siswa bisa melakukan percakapan yang isinya sama dengan teks.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, demonstrasi, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Teks bacaan:
My School is my Sweet Home
There are many trees, flowers and beautiful benches surrounding the yard. Every morning the students clean the classroom. We use brooms to sweep the floor, and a duster to clean the tables, chairs and cupboard. We use an eraser to clean the board. We come to school library to read or borrow books. My school has a science and computer room. We study science and practice computer in those rooms. We do sport in the yard, the boys like playing football, basket and volley.
The headmaster is in the office. Teachers and students are in the classroom. The classroom is very neat and clean. We throw away the garbage into dustbin. There is a fan on the ceiling and there is a vase on the teacher’s table.
There are many extra activities in my school. The students join scout, English conversation, dancing, drum band, song and other. Wow ….! I love my school. It’s my sweet home to study.
The school begins at six thirty. The bell rings at that time. The students never come late. We are diligent students. We go to school on foot, by bike, by motorcycle, or by car. In break time we buy some food drink in the canteen, some students like watering plants in the garden or just sitting on the bench.


2. Pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan:



VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Siswa merespon ungkapan dari guru mengenai: ungkapan meminjam, meminta dan memberi bantuan, dan meminta bantua (May I borrow a book: of course, Can you help me: certainly).
b. Motifasi: Siswa diminta untuk mendengar pembacaan teks dengan benar, lalu menanyai siswa siapa yang bisa membaca seperti yang dicontohkan.

2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Siswa menyimak pembacaan teks bacaan.
b. Siswa menirukan pembacaan teks.
c. Siswa mengidentifikasi kosa kata yang belum tahu artinya.
d. Siswa mencatat kosa kata dan artinya.
e. Siswa dipanggil satu per satu untuk membaca.
f. Siswa lain menjawab pertanyaan

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian.
b. Refleksi: Memberikan penguatan materi yang sudah dipelajari dengan menyimpulkan isi teks bacaan.
c. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar pertanyaan (LKS)

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (lisan, tulis, praktik)
2. Bentuk instrument : Membacakan, isian, Performance,
3. Contoh instrumen :
1. Bacalah teks percakapan berikut:
My School is my Sweet Home
There are many trees, flowers and beautiful benches surrounding the yard. Every morning the students clean the classroom. We use brooms to sweep the floor, and a duster to clean the tables, chairs and cupboard. We use an eraser to clean the board. We come to school library to read or borrow books. My school has a science and computer room. We study science and practice computer in those rooms. We do sport in the yard, the boys like playing football, basket and volley.
The headmaster is in the office. Teachers and students are in the classroom. The classroom is very neat and clean. We throw away the garbage into dustbin. There is a fan on the ceiling and there is a vase on the teacher’s table.
There are many extra activities in my school. The students join scout, English conversation, dancing, drum band, song and other. Wow ….! I love my school. It’s my sweet home to study.
The school begins at six thirty. The bell rings at that time. The students never come late. We are diligent students. We go to school on foot, by bike, by motorcycle, or by car. In break time we buy some food drink in the canteen, some students like watering plants in the garden or just sitting on the bench.

2. Jawablah pertanyaan berikut sesuai isi bacaan:
1. What things are in surrounding the school? ………………………………………………..
2. Tell thigs in the classroom? ………………………………………………………………..
3. Tell many extra activities at school? ……………………………………………………….
4. Where do students buy food and drink in break time? ……………………………………..
5. What do you use for cleaning tables and chairs? …………………………………………..
6. What do you use for sweeping the floor? ………………………………………………….
7. What can student do in the school yard? …………………………………………………...
8. What time does the school begin? ………………………………………………………….
9. Does the bell ring at six o’clock? …………………………………………………………..
10. Where do you throw away dustbin? ………………………………………………………
11. Where do you borrow books? …………………………………………………………….
12. What do you use for cleaning the board? …………………………………………………
3. Kunci jawaban
1. They are trees, benches, students, and classroom
2. They are brooms, tables, chairs, cupboard, eraser, and board.
3. They are scout, English conversation, dancing, drum band, song and others.
4. In the canteen
5. We use duster
6. We use broom
7. The students playing foot ball, basket ball and folly ball
8. at six thirty
9. No, it is not
10. in the dustbin
11. in the library
12. We use eraser

Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3





4





5






1. Kognitif :
1. 12 soal, masing-masing mempunyai nilai 8,3 jika benar, 4 jika hampir benar/mirip, 2 jika salah, 0 jika kosong.

2. Afektif :
1. 81-90 Menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
2. 71-80 jika siswa cukup bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar.
3. 61-70 jika siswa tidak bisa membaca dengan lafal dan pronounciation yang benar (masih menirukan dan dituntun).





Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru Bidang study,



Andi Gandy S., S.Pd











RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SD Muhammadiyah 12 Surabaya
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER : IV (Empat) / 1
WAKTU : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)


I. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

II. KOMPETENSI DASAR
4.2 Menyalin tulisan, memaknai kalimat, dan menulis kalimat tentang kegaiatan/benda yang ada di sekolah.

III. INDIKATOR
1. Menulis kalimat sederhana dengan bantuan gambar
2. Menyusun kalimat acak menjadi paragrap yang benar.
3. Melengkapi kalimat dengan mengisikan kata sesuai dengan petunjuk.

IV. TUJUAN
Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1. Menulis kalimat sederhana dengan bantuan gambar
2. Menyusun kalimat acak menjadi paragrap yang benar.
3. Melengkapi kalimat dengan mengisikan kata sesuai dengan petunjuk.

V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: PAKEM
2. Metode: Ceramah variatif, pemberian tugas, tanya jawab

VI. MATERI AJAR
1. Soal-soal Menulis kalimat sederhana.
2. Soal-soal menyusun kalimat.
3. Soal-soal melengkapi kalimat.

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi: Menanyai beberapa siswa tentang identitas dirinya.
b. Motifasi: Memberi penjelasan tentang materi yag akan dipelajari.

2.Kegiatan Inti (50 menit)
a. Siswa menyimak penjelasan guru.
b. Siswa menerima lembar tugas.
c. Siswa mengerjakan tugas
d. Siswa yang Belum faham mendapat arahan dari guru.
e. Siswa mengumpulkan lembar tugas.

3. Kegiatan Akhir/Penutup ( 10 menit )
a. Penilaian dan pembenaran
b. Menginformasikan untuk pembelajaran berikutya.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku teks siswa (Bahasa Inggris kelas IV karangan Dra. Budiarti, penerbit Lentera Ilmu)
2. Lembar tugas ( LKS)

IX. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : Tes (Tulis)
2. Bentuk instrument : isian singkat, Uraian bebas
3. Contoh instrumen :
1. Tulislah kalimat sederhana menggunakan kata-kata berikut:
1. Broom : ………………………………………………………………………….............
2. Duster : …………………………………………………………………………….........
3. Vase : ………………………………………………………………………………….
4. Pencil box: ……………………………………………………………………………….
5. Student: …………………………………………………………………………………
6. Ball : …………………………………………………………………………………
7. Cutter : …………………………………………………………………………………
8. Ruler : …………………………………………………………………………………
9. Clock : …………………………………………………………………………………
10. Map : …………………………………………………………………………….........

2. Susunlah kalimat berikut menjadi paragraph yang benar:
I love my school
SD ”ILMU” is my school
There are trees surrounding the yard
It” s shady and green
My teachers and my friends are friendly

3. Soal melengkapi kalimat:
I have a new................ My ……….……is inside
I have ………………, …………………..…, ……………….….., and …………....
I Write with a………. I read a ………., I clean the door with a ……...
I clean the board with ………… ………rings at seven.
All ………… start to study. My …………….. is in front of the class. The headmaster is in the …………
In break time the students are crowded in the ………….. They are thirty and hungry.
Some students come to the …………. they read or borrow some …………
The …………… is opened, when the school finishes.
The students go ……………. They go home by ……………., on foot or by ……………..

Kunci jawaban:
1. Soal menulis kalimat: (Independent)
2. Soal menyusun kalimat:
SD ”ILMU” is my school
There are trees surrounding the yard
It” s shady and green
My teachers and my friends are friendly
I love my school
3. Soal melengkapi kalimat:
a. bag h. newspaper o. library
b. box pencil i. duster p. books
c. pencil j. Eraser q. gate
d. eraser k. Bell r. school
e. book l. student s. bike
f. ruler m. teacher t. car
g. pen n. office







Rubrik Penilaian kelompok:
No.
Nama
Penilaian
Nilai
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1





2





3






1. Kognitif :
1. Soal menulis kalimat: 10 soal masing-masing nilainya 10 jika benar, 5 jika hampr benar, 0 jika salah
2. Soal menusun kalimat: 5 item masing-masing 20 jika benar, 10 jika hampir benar, 5 jika salah.
3. Soal melengkapi kalimat: 20 soal masing-masing 5 skor jika benar, 2 jika hampir benar, 0 jika salah.

2. Afektif :
1. 81-90 menyimak, aktif, dan antusias dalam pembelajaran
2. 71-80 terkadang menyimak, aktif dan antusias
3. 61-70 terkadang menyimak kadang tidak dan menggangu

3. Psikomotorik
1. 81-90 jika siswa bisa mengerjakan dengan mandiri (tanpa bantuan) dan tepat waktu
2. 71-80 jika siswa mengerjakan belum mandiri (dengan bantuan), tapi tepat waktu atau sebaliknya.
3. 61-70 jika siswa mengerjakan tidak mandiri (menirukan jawaban) dan tidak tepat waktu.




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Nila Hayani
Guru bidang studi,



Andi Gandy S., S.Pd