Selasa, 12 Januari 2010

Coklat YA mi

Encyclopedi

Oleh: Asti dan Sherly (V JUP)
Ya, menurut kepercayaan suku Maya yang hidup zaman kuno dulu, coklat adalah makanan para dewa. Berarti rakyat biasa tidak boleh menikmati dong? Untungnya sekarang coklat bisa dimakan oleh siapa saja, baik yang berupa coklat padat ataupun minuman coklat.
Coklat yang Populer
Siapa sih yang tidak kenal coklat? Rasa coklat menjadi salah satu rasa yang terkenal di seluruh dunia. Coklat yang kita kenal dalam bentuk batangan yang bisa kita makan juga sebagai minuman yang bisa kita nikmati dalam deadaan dingin/hangat . HHmmm…… Enaknya!!
Dari mana asal coklat?
Kita mengenal kata coklat selain untuk penamaan warna, juga untuk nama pohon jenis makanan dan minuman yang berasal dari coklat. Kata coklat berasal dari kata Aztec dan Maya di Mexico, Xocoah yang artinya minuman pahit. Orang-orang suku Aztec dan Maya percaya kalau Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat untuk mereka dari surge.
Bagaimana rasa coklat?
Sebenarnya rasa coklat masih susah untuk dilukiskan dan dikatakan. Ada peneliti bernama Pak Joel Glenn Brenner yang membuat riset tentang coklat yang tertuang dalam ukunya yang berjudul Kaisar Coklat. Katanya rasa coklat terbentuk dari 1.200 macam zat. Diantara 1.200 macam zat itu, tidak ada yang dominan secara jelas. Pernahkah kamu merasakan coklat yang pahit. Kenapa pahit? Sebab mengandung Alkaloid.










Sejak kapan manusia kenal coklat?
Sekitar tahun 450-500 SM suku Maya di dataran Amerika Selatan sudah terbiasa minum coklat. Mereka menikmati dengan taburan lada merah, vanilla, dan rempah-rempah. Tujuanya minuman tersebut dapat mencegah lelah. Bangsa Maya runtuh pada tahun 900 SM dan digantikan oleh bangsa Toltec.
Minuman coklat!
Apakah kalian tahu coklat Cadbury? Dahulu di tahun 1689 ada dokter bernama Hans Sloane yang mengembangkan di Negara Jamaika. Minuman itu diminum oleh suku Apothekari. Kemudian minuman ini dijual oleh Cadbury bersaudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar